Antam
Antam singkatan dari Aneka Tambang merupakan badan usaha yang mayoritas sahamnya per akhir 2014 dimiliki oleh pemerintah Indonesia sebesar 65% dan sisanya dimiliki oleh perusahaan swasta baik lembaga keuangan (finacial institution) lokal maupun asing. Hasil tambang yang di eksplorasi selain emas juga nikel, bauksit, feronikel, perak dan batu-bara. Melalui unit usahanya PT. Logam Mulia, perusahaan melakukan pemurnian dan pencetakan emas batangan/ logam mulia dengan kemurnian 99,99%. Emas batangan produksi PT. Logam Mulia yang lebih dikenal dengan Logam Mulia Antam sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia yang umumnya digunakan sebagai tabungan, investasi maupun proteksi atas inflasi. Dengan pecahan mulai dari 1 gram s/d 1.000 gram masyarakat dapat membeli sesuai kebutuhan dan kemampuan yang ada. Produk Logam Mulia Antam juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari LBMA (London Bullion Market Association) dan akreditasi nasional dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) Walaupun terdapat beberapa pabrikan lain yang memproduksi dan menawarkan logam mulia dengan harga yang lebih murah, namun mayoritas konsumen Indonesia tetap memilih logam mulia produksi Antam mengingat harga jual kembali yang tinggi juga diterima oleh semua toko emas. Hal lain yang lebih mendasar adalah jaminan dari Pemerintah Indonesia atas kwalitas dan kemurnian produk Logam Mulia Antam.

Cek Harga / Beli

PAMP
PAMP merupakan anak perusahaan dari MKS Group Switzerland yang berbasis di Genewa. MKS merupakan distribustor resmi beberapa produk koin emas dunia seperti South African Krugerrand, US Eagle, Canada Maple Leaf, China Panda, Australian Nugget, Austria Philharmoniker dan Royal Mint Sovereign PAMP singkatan dari Products Artistiques Metaux Precieux didirikan pada tahun 1977 di Ticino Swiss dan pada tahun 1981 di akuisisi oleh MKS Group yang juga anggota dari LBMA (London Bullion Market Association). Emas Batangan produk PAMP ini diterima luas dalam perdagangan emas di seluruh dunia juga termasuk diterima dalam perdagangan/ komoditi oleh Swiss National Bank, London Bullion Market Association (LBMA), Dubai Multi Commodities Centre (DMCC), bursa berjangka seperti COMEX/ NYMEX, Chicago Metal Exchange (CME), Tokto Commodity Exchange (TOCOM) dan Shanghai Gold Exchange (SGE) Dengan kapasitas pemurnian emas saat ini mencapai 450 metrik ton per-tahun, PAMP SA mendistribusikan produk emasnya ke lebih dari setengah negara yang ada di dunia ini dengan berbagai ukuran produk/ pecahan dari 1 gram sampai dengan 12,5 kilogram PAMP adalah satu-satunya kilang permunian emas yang memegang ISO 9001, ISO 14001, ISO 17025, OHAS 18001 dan Akreditation SA8000

Cek Harga / Beli

Heraus
Heraus Holding GmbH didirikan tahun 1985 adalah group perusahaan yang berbasis di Hanau, Jerman. Selain produsen logam mulia terpercaya dengan merek dagang HERAUS, group perusahaan memiliki berbagai lini bisnis usaha seperti teknologi medis, pasir kuarsa, sensor, infra red, teknologi pencahayaan dll. Dengan mempekerjakan lebih dari 13.000 karyawan di lebih dari 120 perusahaan, omzet penjulaan emas batangan Heraus lebih dari 16 miliar euro. Disamping itu perusahaan juga memiliki kerjasama dengan produsen emas lainnya yaitu Argor yang terletak di tenggara Switzerland. Dengan merek dagang Argor Heraus, perusahaan ini dimiliki oleh Heraus Holding GmbH, Commerzbank International SA, The Austrian Mint dan Argor Heraus Management Heraus telah memperoleh akreditasi dari berbagai lembaga dunia seperti London Bullion Market Association (LBMA), The London Platinum and Palladium Market (LPPM), The Chinese Gold and Silver Exchange Society, Dubai Multi Commodities Centre (DMCC), Hong Kong Quality Assurance Agency.

Cek Harga / Beli

Degussa
Logam Mulia dengan nama Deggusa AG adalah produksi negara Jerman. Awal produksi di Frankfurt pada tahun 1843 sampai dengan 1975 kemudian dipindahkan ke Hanau dam Pforzheim. Pada tahun 2003 perusahaan di akuisisi oleh Umicore Group dan tahun 2005 merk dagang Deggusa diganti menjadi Umicore. Degussa telah memperoleh akreditasi international seperti London Bullion Market Association (LBMA) pada tahun 1930, New York Mercantile Exchange Comex Div pada tahun 1974 dan Tokyo Commodity Exchange pada tahun 1982. Sejak tahun 2011 merk dagang Degussa kembali beredar di pasaran setelah Degussa Goldhandel GmbH perusahaan di Jerman memproduksi emas batangan/ logam mulia dengan nama Degussa dilengkapi simbol matahari dan bulan Saat ini logam mulia Degussa tersedia dalam bentuk batangan biasa dan bentuk “combi”. Bentuk combi adalah gabungan dari pecahan 1gram-an sebanyak 20pcs atau 50pcs yang dicetak berdampingan satu dengan lainnya.

Cek Harga / Beli

The Perth Mint
Perth Mint adalah merek dagang emas batangan/ logam mulia produksi negara Australia. Didirikan tahun 1899 dengan nama Britain Royal Mint cabang Perth Australia dengan maksud untuk memasok permintaan emas negara Inggris. Tahun 1987 Perth Mint dimiliki 100% oleh pemerintah Australia melalui Western Australian Mint dan Gold Corp Australian. Penjualan tahun 2013 mencapai lebih dari USD 5 miliar. Perth Mint memproduksi emas batangan (gold bar) juga koin emas dengan gambar kangguru, koala dan lain-lain. Produk Perth Mint telah dipasarkan luas ke berbagai negara di dunia termasuk di Asia Tenggara. Perth Mint telah mendapat akreditasi dari beberapa lembaga dunia seperti London Bullion Market Association (LBMA), New York Commodity Exchange (NYMEX), Dubai Multi Commodities Centre (DMCC) dan Tokyo Commodity Exchange (TOCOM)

Cek Harga / Beli

Royal Canadian
Diawali pada tahun 1908 ketika Royal Mint membuka cabang di Ottawa, Kanada dan ketika itu baru mendapatkan pesanan dari pemerintah setempat untuk membuat koin emas dengan men-terakan cap Canada dan hal ini merupakan momen penting bagi perusahaan untuk memulai kegiatan memperkenalkan produknya. Pada tahun 1970 Royal Canadian Mint memulai produksi emas batangan dengan kemurnian 99,99% yang dijamin oleh Pemrintah Kanada baik berat maupun kemurniannya. Adapun emas batangan yang diproduksi oleh Royal Canadian Mint dengan berat 1 troy-ounce, 5troy-ounce & 10 troy-ounce (1 troy-ounce = 31,11 gram) Koin emas Maple Leaf (bergambar daun mappel) merupakan koin emas yang paling populer di dunia.

Cek Harga / Beli

King Halim

Merupakan perusahaan swasta nasional yang didirikan tahun 1982. King Halim merupakan salah satu produsen emas yang cukup berpengalaman dibidangnya. Selain memproduksi emas perhiasan, persero juga memproduksi emas batangan dengan berbagai macam gambar yang menarik bagii konsumen. Perusahaan yang berlokasi di Jawa Timur ini sudah mendapatkan ISO 9001 sejak tahun 2005 dan produknya telah di ekspor ke manca negara baik Asia, Timur Tengah maupun Amerika.

Dengan standar pengawasan mutu (quality control) yang baik maka produk King Halim secara luas dapat diterima dan digemari masyarakat Indonesia.

Saat ini emas batangan/ logam mulia produksi King Halim tersedia dalam beberapa gambar yaitu :

  • Christ Redeemer Gold
  • Dragon Gold
  • Fu Gold
  • Masjid Haram Gold
  • Masjid Istiqlal Gold
  • Masjid Nabawi Gold
  • Masjid Putrajaya Gold
  • Shuang Xi Gold
  • Taj Mahal Gold

Tersedia dalam berbagai pecahan dari 5 gram sampai dengan 100 gram

Cek Harga / Beli

Enam Kesalahan Investasi Emas yang Sering Dilakukan

EMAS sampai saat ini masih dinilai sebagai investasi paling menguntungkan dibanding dengan investasi lainnya, seperti reksa dana, saham, obligasi dan deposito.

Itu karena harga emas diprediksi masih memiliki potensi untuk naik dan lebih aman dibanding investasi lain.

Meskipun terkesan menguntungkan, terkadang ada beberapa kerugian yang secara tidak sengaja kamu lakukan saat berinvestasi emas. Penasaran? Silakan dicek enam hal ini:

1. Membeli Emas Tanpa Fisiknya

Teknologi yang semakin canggih membuat inevestasipun bisa dilakukan secara online. Tapi untuk investasi emas, sebaiknya kamu jangan pernah coba-coba melakukannya karena sangat berisiko.

Jangan pernah kamu mau berinvestasi emas tanpa menerima fisik emas tersebut, meski diberikan tawaran keuntungan yang mengiurkan.

Tetapi kalau kamu sudah terlanjur membeli emas tanpa fisik, pastikan pihak yang menyimpan emas dapat dipercaya dan emas itu disimpan di tempat aman yang bisa diambil kapanpun.

2. Membeli Emas dalam Bentuk Perhiasan

Jika tujuan kamu untuk investasi, jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Alasannya akan ada komponen biaya pembuatan saat pembelian dan saat dijual. Biasanya toko emas tidak hanya menghitung kadar dan beratnya, tetapi juga biaya pembuatan perhiasan. Makin rumit bentuk emas itu, maka makin mahal ongkos yang kamu keluarkan.

Daripada berisiko, ada baiknya kamu membeli adalah logam mulia (LM) murni standar 99,99 persen, produksi dan bersertifikat PT Aneka Tambang (Antam). Kamu bisa membeli emas Antam di Antam langsung, Pegadaian atau toko emas tapi pastikan toko emas itu memiliki sertifikat asli dari Antam.

Selain Antam, kamu juga bisa membeli emas Pegadaian lho karena BUMN ini juga mengeluarkan emas dengan cap Pegadaian.

3. Sembarangan Menyimpan Emas

Perlakukan emas sebagai investasi yang perlu dijaga, sehingga kamu tidak menyimpannya sembarangan. Pilihlah tempat penyimpanan emas yang aman. Bila jumlah emas yang kamu miliki sudah banyak, mulailah menitipkan emas ke bank atau pegadaian supaya lebih aman.

Meski disimpan, kamu tetap bisa mengambil emas tersebut, kapan pun kamu butuhkan.

4. Membeli atau Menjual Emas di Waktu yang Tidak Tepat

Ketika kamu membeli emas, kamu harus memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk membelinya karena harga emas ini fluktuatif. Sebaiknya kamu membeli ketika harga emas sedang murah, dan menjualnya begitu harganya sedang tinggi.

Karena itu, kamu harus bersabar untuk menunggu harga jual emas yang kamu inginkan jika mau menjual atau membelinya kembali. Jangan terburu-buru.

5. Membeli Emas secara utang

Jangan beli emas dengan berutang untuk investasi. Belilah logam mulia ini secara tunai.

Bila dilakukan secara utang, kamu terikat untuk menjual atau membelinya. Lagipula emas itu jenis investasi jangka panjang, sehingga akan sulit buatmu membayar utang pembelian emas yang butuh waktu cepat.

Saat ini banyak arisan yang dilakukan dalam bentuk emas. Cara ini mungkin baik untuk menabung, tetapi kurang cocok untuk dijadikan emas yang diperoleh sebagai investasi.

6. Membeli Emas dalam Ukuran Besar

Sebenarnya membeli emas dalam ukuran besar lebih menguntungkan dibanding ukuran kecil karena harganya “gramnya” akan lebih murah. Tapi untuk membeli dalam ukuran besar, kamu memang harus memiliki dana yang cukup besar.

Namun kamu juga harus tahu bahwa emas dalam bentuk batangan atau ukuran besar akan lebih sulit dijual dibanding emas berukuran kecil.

Karena itu, jika kamu ingin menggunakan emas untuk bisa dicairkan setiap waktu, kamu perlu investasi emas berukuran kecil. Jadi, sesuaikan saja investasi emas dengan kebutuhan. Atau bisa saja kamu kombinasikan antara ukuran kecil dan besar.

sumber : http://economy.okezone.com/read/2015/10/16/320/1232896/enam-kesalahan-investasi-emas-yang-sering-dilakukan

Silahkan login untuk melanjutkan pembelian

Jika anda belum menjadi member silahkan Daftar terlebih tahulu.

LOGIN

Lupa Password?